Dibeberapa Negara Ini, Dianggap Tidak Sopan Jika Tidak Habiskan Makanan Di Piring

by basra .

Mencicipi makanan lokal suatu tempat saat travelling merupakan aktivitas yang asik. Akan tetapi, terdapat beberapa negara yang memiliki aturan makan atau tata krama makan yang ada baiknya dipahami terlebih dahulu.

Ibaratnya budaya, di seluruh dunia terdapat perbedaan dalam kebiasaan makan sehingga sangat penting jika traveler memperhatikan hal tersebut. Salah satu hal yang harus anda perhatikan adalah kebiasaan buruk sebagian orang yang tidak menghabiskan makanan yang disajikan.
Dibeberapa Negara Ini, Dianggap Tidak Sopan Jika Tidak Habiskan Makanan Di Piring
Walaupun tergolong sepele, kebiasaan tidak menghabiskan makanan masih dianggap hal yang tidak sopan di banyak daerah dan negara. Berikut ini adalah beberapa negara tersebut,

India
Di India, anda diwajibkan untuk menghabiskan semua makanan yang tersaji di atas piring untuk menghormati makanan yang disajikan. Hal ini dikarenakan makanan dianggap suci disana. Di India Selatan, makanan disajikan diatas daun pisang dan sangat sopan jika anda melipat daun sisa setelah makanan dari arah atas bukan dari bawah. Lipatan dari bawah ke atas merupakan tanda orang yang mencicipi makanan tersebut tidak puas dengan makanan yang disajikan.

Jepang
Sama seperti dengan India, sapu bersih atau menghabiskan makanan yang dihidangkan diatas piring merupakan kewajiba. Menyisakan makanan dianggap sebagai tindakan yang tidak sopan dan tidak beretika baik dirumah ataupun restoran. Etika tersebut terkait dengan salah satu konsep dasar budaya jepang, mottainai yang adalah perasaan menyesal karena telah menyia-nyiakan sesuatu.

China
Di China, terdapat etika makan yang berbeda. Jika anda sudah kenyang akan harus meninggalkan sedikit sisa makanan di atas piring. Jika piring yang anda miliki bersih setelah makan anda akan kembali dihidangkan makanan tambahan karena itu menandakan anda ingin minta tambah.

Ethiopia
di Ethiopia, orang tidak makan dengan pring sendiri-sendiri akan tetapi makan bersama diatas sebuah piring komunal besar. Di Ethiopia, makan dengan piring individu atau sendiri-sendiri dianggap boros. Di Ethiopia selain tidak makan dengan piring sendiri, secara umumnya orang Ethipia juga makan dengan tangan dan ditemani oleh Injera yang merupakan sejenis roti datar untuk mengambil makanan.