Konsumsilah Air Kepala Dan Pisang Agar Cepat Pulih Dari Serangan Tifus

by basra .

Selain menggunakan obat dokter, pengaturan asupan makanan bagi penderita tifus sangatlah penting. Cairan dan sayuran merupakan komponen terpenting untuk memastikan tubuh anda kembali fit.

Typhoid atau lebih dikenal dengan nama tifus timbul dari infeksi yang disebabkan oleh virus Salmonella Typhi dan juga Salmonella Paratyhi. Orang yang terserang oleh tifus akan mengalami pusing, demam tinggi, penurunan nafsu makan hingga diare. Tifus juga termasuk dalam penyakit yang dapat menular melalui kontak makanan dan minuman dengan penderita.
Konsumsilah Air Kepala Dan Pisang Agar Cepat Pulih Dari Serangan Tifus
Selain antibiotik, ternyata terdapat tifus yang dapat disembuhkan dengan diet makanan sehat yang dapat memulihkan kondisi tubuh anda dengan cepat. Umumnya orang yang terserang tifus akan mengalami penurunan nafsu makan secara drastis. Gangguan pencernaan juga akan dialami oleh penderita tifus. Pada kondisi mengalami gangguan pencernaan sebaiknya penderita mengkonsumsi makanan hambar yang mudah dicerna seperti bubur.

Walaupun hambar, makanan tersebut harus mengandung gizi dan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Suhu tubuh akan meningkat sekitar 10 derajat dari suhu tubuh pada kondisi sehat sehingga anda membutuhkan lebih banyak energi. Oleh karena itu anda harus memiliki asupan cairan yang cukup agar eletrolit terjaga.

Sebaiknya ketika diserang oleh tifus anda harus mengonsumsi banyak cairan seperti air kelapa, jus buah segar, sup sayuran dan cairan elektrolit sehingga suhu tubuh dapat kembali normal. Buah-buahan seperti pisan, melon, semangka anggur dan buah persik merupakan pilihan buah yang bagus untuk mengobati pasien tifus. Jangan lupa untuk hindari konsumsi makanan padat hingga tubuh benar-benar pulih.

Setelah mulai pulih, anda dapat mulai mengonsumsi makanan semi padat. Seperti nasi, kentang panggang telur setengah matang dan juga yogurt. Ketika deman sudah mulai membaik, adan juga sudah mulai dapat mengurangi sayur atau buah dan mulai mengonsumsi makanan padat seperti roti.

Untuk memulihkan kondisi tubuh anda lebih cepat, anda dapat menggunakan yogurt dan telur yang kaya akan protein akan tetapi lebih mudah dicerna daripada daging sapi. Anda juga harus menghindari makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi ketika terserang tifus. Makanan seperti sereal, roti, pasta, sayuran kubis, loba dan paprika.

Hal terakhir yang harus anda perhatikan adalah menghindari penggunaan bumbu serta rempah-rempah yang pedas dan panas ketika demam masih tinggi.