Makanan Khas Keluarga Keraton, Gudeg Bunga Kelapa Muda Khas Bantul

by basra .

Terdapat banyak sajian tradisional favorit keluarga keraton Yogyakarta. Salah satu sajian favorit tersebut adalah gudeg manggar yang terbuat dari campuran bunga kelapa muda. Yogyakarta yang dikenal sebagai kota Gudeg ini memiliki banyak sajian gudeg yang dapat dicicipi.

Secara umum, gudeg diolah dengan bahan dasar nangka muda yang disebut dengan nama situs poker gori oleh masyarakat setempat. Khusus didaerah Bantul, terdapat jenis gudeg yang populer yaitu Manggar. Sajian gudeg manggar ini adalah kuliner tradisional yang menjadi favorit keluarga keraton Yogyakarta. Gudeg Manggar berasal dari desa yang bernama Desa Mangir. Menurut sejarahnya, gudeg ini pertama kali dibuat oleh Putri Pambayun yang merupakan putri dari Panembahan Senopati Raja Mataram I.
Makanan Khas Keluarga Keraton, Gudeg Bunga Kelapa Muda Khas Bantul
Manggar adalah putik bunga kelapa muda yang digunakan sebagai bahan pengganti nangka muda. Gudeg Manggar ini terdiri dari 2 jenis yaitu gudeg kering dan gudedng basah. Untuk gudeg kering, proses pembuatannya adalah direbus terlebih dahulu kemudian di tiriskan dan digoreng dengan kondisi tanpa minyak dengan menambahkan gula merah agen poker untuk memberikan hasil rasa manis. Sedangkan gudeg basah memiliki rasa yang kurang manis.

Gudeg merupakan salah satu menu kesukaan keluarga keraton Yogyakarta. Menurut Lin yang merupakan penanggung jawab Bale Raos dalam acara Pekan Raya Indonesia beberapa waktu lalu, proses pembuatan gudeg manggar hampir sama dengan gudeg nangka karena bumbu yang digunakan juga sama. “Beda hanya pada tekstur yang lebih unik mirip jamur jika dibuat dengan bunga kelapa,” kata Lin.

Gudeg Manggar disajikan dengan berbagai lauk perlengkat seperti sambal goreng krecek, tempe bacem dan tahun, telur pindang hingga suwiran ayam opor dengan kuah kental. Beberapa restoran yang ada menyajikan gudeg dengan tambahan areh atau blodo yang terbuat dari kepala santan kelapa sehingga membuat sajian ini gurih.

Gudeg manggar sempat menjadi sajian yang langka karena kehilangan peminat akan tetapi sejak beberapa tahun terakhir, gudeg manggar kembali hadir dan diminati setelah beberapa media massa sajian tersebut sebagai kuliner pusaka yang harus dilestarikan. Di berbagai festival kuliner tradisional Teman Poker99, gudeg menjadi salah satu sajian yang paling sering ditampilkan dan paling ramai dengan pengunjung.

Selain di bantul, para peminat yang ingin mencoba gudeg ini dapat berkunjung ke restoran Bale Raos yang dimiliki oleh salah satu anggota keluarga keraton Yogyakarta yaitu Gusti Hadi Winoto yang terletak di Jalan Magangan Kulon No. 1 Yogyakarta. Di restoran Bale Raos ini, para peminat dapat mencicipi guded manggar komplet yang hampir sama dengan hidangan yang dimakan oleh Sultan Yogyakarta dari dulu hingga sekarang.