Makanan Pokok Mamuju Yang Langka, Jepa

by basra .

Bukan nasi, jagung atau sagu akan tetapi Jepa yang merupakan makanan pokok masyarakat yang bermukim di daerah Mamuju, Sulawesi Barat. Ya, Jepa merupakan makanan pokok yang jauh hari sebelum masyarakat Mamuju mengenal nasi.

Jepa terbuat dari signkong yang dikukus kemudian ditumbuk halus dan dibakar diatas tembikar. Lauk yang sering digunakan untuk digunakan sebagai teman makan Jepa adalah ikan masak layang yang telah dibumbui dengan cabai dan santan gurih. Dengan cara dicocol, Jepa telah menjadi makan siang yang istimewa.
Makanan Pokok Mamuju Yang Langka, Jepa
Salah satu tempat yang masih menjual Jepa di Mamuju adalah warung tradisional didekat Bandara Tampa Padang. Menurut pemilik dari warung tersebut, Hasnah, Jepa saat ini telah semakin langka dan hanya dapat ditemukan dibeberapa warung tradisional yang di kelola oleh masyarakat lokal asli Mamuju atau Sulawesi.

“Selain itu, Jepa juga hanya dapat ditemui pada perayaan-perayaan besar seperti pesta perkawinan atau hajatan dari kalangan berada,” kata Hasnah. Karena Jepa yang sudah semakin langka, tidak banyak oleh yang saat ini mampu membuatnya dan Hasnah sendiri tidaklah tiap hari menyajikan Jepa dalam menu di warungnya.

Hasnah mengatakan bahwa hanya ketika ada pelanggan yang meminta untuk dibuat sehingga dirinya membuatnya untuk dihidangkan keesokan harinya didalam menu restorannya.

Jepa snediri memiliki rasa yang mirip dengan tiwul dengan perbedaan yaitu Jepa disajikan dalam bentuk lembaran tebal. Testur yang dimiliki juga lebih lembut dan kenyal dimulut. Hasnah menjual dengan harga Rp 5.000 per lembar. Dalam keadaan perut kosong, 1 lembar Jepa tidak akan cukup dan anda akan menghabiskan beberapa lembar.